Cara Cepat Menghafal Quran Dan Tahan Lama

Banyak umat Islam di belahan dunia ini hafal 30 juz Al-Qur’an. Mereka semua bisa menghafalnya mengapa kita merasa sulit untuk menghafal Al-Qur’an? Padahal Allah telah memudahkan hambanya untuk mempelajari Al-Qur’an. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai metode menghafal al-Qur’an dengan cepat dan tidak mudah lupa.

Yang akan saya jabarkan sebagai berikut, insyaAllah bermanfaat.

  • Luruskan niat, banyak diantara kita yang salah niat dalam melakukan sesuatu yang berujung pada ketidak ikhlasan, hal ini tentu menyebabkan kesia-sian pada setiap amalan yang kita kerjakan. oleh karena itu saya tekankan NIATKAN MENGHAFAL AL-QUR’AN IKHLAS KARENA ALLAH SWT. Dengan niat yang lurus dan ikhlas maka rasa malas, capek, dan masalah lainnya dalam menghafal insyaAllah akan sirna.
  • Tanamkanlah pada diri kita, pada hati kita keyakinan bahwa Menghafal Al-Qur’an itu adalah sesuatu yang sangat mudah. Bila sudah kita tanam bahwa Menghafal Al-Qur’an adalah sesuatu yang sulit maka kita akan merasa sulit ketika menghafal Al-Qur’an. Namun jika kita menanamkan kemudahan dalam hati kita maka insyaAllah menjadi mudah.
  • Hafalah Al-Qur’an dengan cara 1 halaman Al-Qur’an dibaca berulang-ulang selama 7x berturut-turut. jangan langsung menghafal. Setelah membaca 7x baru kita menghafal, karena dengan membaca 7x berturut-turut kita akan terbiasa dengan bacaanya dan letak hurufnya sehingga memudahkan kita untuk mengingatnya.
  • Konsentrasi tinggi, ingat dalam menghafal membutuhkan konsentrasi, maka dari itu jauhi semua hal yang dapat mengganggu konsentrasi menghafal kita.
  • Tulislah ayat-ayat yang kita hafal untuk mengurangi kesalahan tajwid dan tanda baca pada ayat yang kita hafal. tulis sebanyak 7x setelah itu tulis tanpa melihat Al-Qur’an sebanyak 7x sampai benar. Jika 7x ditulis masih salah, maka tulis terus hingga benar. Hal inilah yang akan menguatkan hafalan kita.
  • Jangan pindah hafalan sebelum kita benar-benar hafal halaman yang kita hafal.Karena jika kita terburu-buru pindah hafalan sebelum hafalan kita lancar, maka setelah kita memiliki hafalan banyak maka hafalan lama kita akan hilang, karena tidak dikuatkan dari awal. Sebagai contoh jika kita menghafal hanya untuk mengejar setoran harian tanpa memperdulikan lancar atau tidaknya hafalan kita, maka setelah kita memiliki hafalan 10 juz tanpa terasa hafalan yang sudah dihafal akan hilang seperti kertas putih. Ingat menghafal lebih mudah dari pada menjaganya.
  • Cari waktu terbaik untuk menghafal. Biasanya waktu subuh, atau ba’da Isya.Namun waktu paling optimal adalah sepertiga malam yang akhir dan siang hari.
  • Usahakan kondisi hati dalam keadaan senang dan tenang. Biasanya hafalan akan lebih cepat lengket ketika suasana hati tenang dan senang. Caranya sebelum menghafal minum air putih satu gelas, lalu lakukan relaksasi dengan menghirup udara dalam-dalam melalui hidung. Selanjutnya tahan sebentar dan lepaskan perlahan nafas kita lebih panjang daripada saat kita menghirup nafas. Kira-kira seperti formasi 4-2-8.
  • Usahakan sering mendengar murotal-murotal berkaitan ayat yang kita hafal, hal ini cukup menunjang hafalan kita. Saya sarankan untuk mendengarkan murotalnya syaikh Maher AL-Maqly, karena beliau memiliki bacaan yang cepat, jelas, dan indah.
  • Sediakan waktu untuk muroja’ah (mengulang hafalan yang telah kita hafal) agar hafalan kita tidak hilang dari ingatan. Biasanya dilakukan ba’da Maghrib dan 1 hari pada hari Minggu. Usahakan seminggu sekali kita mampu memuroja’ah semua hafalan kita. Sebagai contoh, jika kita memiliki hafalan 7 juz. Maka setidaknya kita memuroja’ah hafalan kita sehari 1 juz agar tidak hilang.
  • Lakukanlah hal-hal diatas secara Istiqomah (berkelanjutan). Terus-menerus hingga kita Hafal 30 juz.

INGATLAH! Kunci menghafal Al-Qur’an adalah jangan pernah putus asa. Karena jika kita tidak mampu menghafal 1 halaman yang akan kita hafal hari ini, inshaAllah besok kita mampu menghafalnya. Jika tidak mampu menghafalnya besok, inshaAllah lusa kita mampu menghafalnya. Menghafal juga tidak harus di pondok tahfidz, di rumah pun bisa asalkan istiqomah. Saya memang menghafal al-Qur’an di pondok tahfidz, tapi akan saya beritahu bagaimana rasanya menghafal di pondok tahfidz.

Tanpa keistiqomahaan dan ketekunan, yang ada hanya rasa malas ketika kita tinggal di pondok tahfidz. Karena yang kita lakukan hanya menghafal. Maka dari itu teman-teman semua, ingat pesan ini. Mungkin kita tidak mampu menghafal cepat 30 juz selama 2 tahun seperti teman-teman kita yang ada di pondok tahfidz, tapi kita mungkin akan menghafalnya 3 tahun lagi, atau 5 tahun lagi, atau bahkan 10 tahun lagi. Ingat yang kita cari dalam menghafal al-Qur’an adalah ridho Allah.

Demikanlah Metode Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa yang bisa saya bagi kepada para membaca insyaAllah bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan dan di komentari.

Wabillahitaufik walhidayah walhamdulillah

sumber: http://gentasukses.blogspot.co.id/2013/08/metode-menghafal-al-quran-dengan-cepat.html
Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *