KARYA: ARTIKEL #1

VIRUS

Oleh Nurazizah Salsabila Kelas XI SMA


Tahukah kamu apa itu virus? Virus adalah makhluk labil atau makhluk peralihan. Disebut makhluk labil atau makhluk peralihan karena tubuhnya yang bisa berubah-ubah menjadi makhluk hidup ataupun makhluk tak hidup.

Virus disebut makhluk karena tubuhnya bisa bermetabolisme seperti makhluk hidup yang lain dan disebut makhluk tak hidup karena tubuhnya bisa menjadi kristal bila tidak menempel pada sel inang. Wah, virus hebat ya!

Dengan tubuhnya yang sangat kecil dan tidak memiliki sel, tetapi mampu menyebarkan berbagai penyakit terhadap makhluk hidup yang lain karena sifatnya yang patogen. Virus memiliki ukuran sekitar 25-300 Nm (1Nm = 10-9m). Jika manusia memiliki RNA dan DNA, virus hanya memiliki satu jenis asam nukleat, yaitu RNA atau DNA.

Banyak berbagai macam bentuk virus, seperti batang, bulat, silindris, dan bentuk T. Meskipun virus memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda tetapi struktur tubuhnya sama, yaitu terdiri atas :

1) kapsid, yaitu lapisan pembungkus DNA/RNA pada virus .
2) Kapsomer, yaitu bagian yang mengandung sedikit protein dan akan saling bergabung membentuk kapsid.
3) selubung dan serabut ekor, yaitu bagian yang digunakan virus untuk melekatkan tubuhnya ke sel inang.
 
Reproduksi Virus

Virus memiliki dua cara untuk bereproduksi, yaitu dengan siklus lisis dan siklus lisogenik. Pada siklus lisis, biasanya terjadi ketika imun dalam sel inang sedang melemah. Proses ini menyebabkan kematian pada sel inang yang ditumpanginya. Virus yang menggunakan siklus lisis untuk bereproduksi disebut virus vitulen. Pada siklus lisogenik tidak menyebabkan sel inang pecah. Siklus lisogenik terjadi ketika imun dalam tubuh sedang kuat.

 
Virus Penyerang Bakteri

Bakteri dan virus adalah makhluk hidup yang berbeda jenis dan terlihat menyeramkan. Namun, apa benar virus menyerang bakteri?

Ternyata ada juga virus yang menyerang bakteri, yaitu virus bakteriofag. Bakteriofag merupakan kesatuan biologis paling sederhana yang mampu menggandakan diri menjadi lebih banyak.

Selain menyerang bakteri, virus juga bisa menyerang tumbuhan, hewan, dan manusia. Contoh virus yang menyerang hewan adalah Adenovirus, menyerang pernafasan hewan. Adapun contoh virus yang menyerang manusia adalah HIV (Human Immundeficiency Virus), penyebab penyakit AIDS.***

 
(sumber: MiniBook Master Biologi hal. 37-39)

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *