Mereka Belajar Membuat Kolam Lele

:catatan live in 4
 
Selasa siang (24/10/2017) anak-anak peserta Live in di Kp. Cimenyan sibuk belajar membuat kolam lele. Siang itu, Raja Tegar, dkk sedang mencangkul tanah dan memindahkannya ke kolam buatan berbahan dasar terpal. Dengan peluh bercucuran mereka terus mencangkul dengan semangat, berpacu dengan waktu yang kian dekat dengan adzan Zuhur.
Kolam lele berdiameter 3 meter itu sejak awal sudah dikerjakan oleh kelompok live in sebelumnya. Namun, sebelum tuntas, mereka sudah harus meninggalkan lokasi live in seiring habisnya masa live in untuk mereka. Maka, kelompok yang sekarang yang dipimpin oleh Raja Tegar bertugas melanjutkan pekerjaan yang tertunda oleh kelompok sebelumnya.

Dengan dipandu oleh Kang Yopi dan Kang Jejen, mereka serius menyelesaikan kolam lele tersebut. Rencananya, setelah mereka memahami tata cara pembuatan kolam lele, mereka akan mengaplikasikannya di pesantren. Memang, di pesantren tengah digalakkan program peternakan dan penghijauan. Untuk peternakan akan difokuskan pada peternakan lele. Sementara program penghijauan akan fokus pada budidaya tanaman sayur organik dengan sistem hidroponik dan aeroponik.
Pembina Pondok Pesantren Kampoeng Quran Cendekia sangat berambisi menjadikan pesantren ini sebagai pesantren tahfizpreuneur yang bisa dijadikan rujukan bagi pesantren-pesantren lain. Selain para santrinya mahir membaca dan menghafal Al-Quran, mereka pun diharapkan mampu menjadi santri-santri yang memiliki wawasan entrepreuneursip. Tujuan akhirnya, pesantren Kampoeng Quran Cendekia diharapkan menjadi pesantren yang memiliki kemandirian ekonomi.
Program Live in yang diberlakukan pada seluruh santri Kampoeng Quran Cendekia ini diharapkan menjadi jembatan untuk mewujudkan cita-cita luhur itu. Minimal mereka bisa memahami tata cara beternak lele dan mampu mengaplikasikannya di pesantren. Inilah salah satu keterampilan hidup yang  diharapkan mampu menjadi bekal bagi santri pada masa yang akan datang.***(ek/kakice)

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *