Sekolah Tahfizh Kampoeng Qur'an Cendekia

MENGHAFAL AL-QURAN 30 JUZ

Program pembelajaran utama di Sekolah Kampoeng Qur’an adalah menghafal Al Quran 30 Juz. Santri dibimbing serta dibangun kemandirian untuk menghafal Al Quran sampai tuntas selama sekolah. Bahkan lebih cepat dari lama waktu sekolah, sehingga santri dapat mengulang-ulang hafalan (muraja’ah) Al Quran selama bersekolah agar betul-betul hafal dengan kualitas bacaan yang baik (mutqin).

MENGKAJI KANDUNGAN AYAT AL QURAN

Tidak hanya sekadar menghafal, santri juga dibina untuk dapat mengkaji isi kandungan ayat-ayat Al Quran dengan merujuk pada pemahaman Rasulullah SAW, para Sahabat, dan Salaf Ash Shalih. Untuk mendukung kemampuan ini, santri dibekali dengan dasar-dasar Ulumul Quran, Sirah Nabawiyah, Kajian Hadits, serta Bahasa Arab (Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf).

MENERAPKAN NILAI-NILAI QURANI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dengan pola asrama yang diterapkan, santri diajak untuk selalu mengaplikasikan nilai-nilai Qurani dalam keseharian mereka. Santri dibiasakan untuk menggali nilai-nilai Qurani melalui pengamatan dan kajian kritis serta penanaman nilai (internalisasi) agar tertanam kuat dalam jiwa dan teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

MEMBIASAKAN DIRI AGAR KONSISTEN DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHAHIHAH

Santri dibiasakan untuk disiplin dalam melaksanakan ibadah-ibadah wajib serta mendawamkan amalan sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Amalan yang menjadi kebiasaan dalam keseharian di asrama selain amalan wajib antara lain Qiyam Al Lail, Shalat Dhuha, Shaum Senin-Kamis, Shaum Ayam Al Bidh, serta pembiasan untuk berinfaq dan bersedekah dengan sumber daya yang mereka miliki.

Pembiasaan ini diyakini sebagai proses pembentukan karakter yang paling efektif, sebagaimana Rasulullah SAW membentuk karakter para sahabatnya.

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *