Tentang Kampoeng Qur'an Cendekia

–Pesantren Tahfizh Preuneur Kampoeng Quran Cendekia adalah lembaga pendidikan Islam di bidang Tahfizhul Quran dan wirausaha yang mengedepankan nilai-nilai Qurani, akhlakul karimah, dan keteladanan, sehingga program-program pesantren diarahkan untuk mewujudkan pembinaan karakter berakhlak mulia, pribadi mandiri, dan pribadi yang bermanfaat.

–Pembiasaan di Pesantren Tahfizh Preuneur Kampoeng Quran Cendekia merupakan pembentukan dan perwujudan karakter santri melalui rutinitas kegiatan sehari-hari, berupa kegiatan kepesantrenan dan wirausaha.

–Pola pendidikan di Pesantren Tahfizh Preuneur Kampoeng Quran Cendekia melatih anak/santri & seluruh civitas akademika untuk mampu hidup hemat, sabar, sederhana, bersahaja, mandiri, pekerja keras, disiplin, bermartabat, dan berkarakter.

–Lingkungan Pesantren Tahfizh Preuneur Kampoeng Quran Cendekia adalah lingkungan sosial berjamaah, di mana perbedaan (Inklusif) harus menjadi rahmat dan melatih kebersamaan di antara semua warga pesantren dan masyarakat sekitar.

Sistem Nilai

LANDASAN AL-QUR’AN

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِي مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَكِنْ كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُونَ

Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya. (Q.S. Ali Imran: 79)

 ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Allah SWT Berfirman : “serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan cara hikmah  dan nasihat yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (Q.S. An-Nahl: 125)

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ. لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS Al Fathir: 29-30)

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آَمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Q.S. Ali Imran: 110)

LANDASAN HADITS

مثل الذي يقرأ القرآن وهو حافظ له مع السفرة الكرام البررة ومثل الذي يقرأ وهو يتعاهده وهو عليه شديد فله أجران

“Perumpamaan yang membaca Al Qur’an sementara dia menghafalkannya bersama para Malaikat. Sedangkan perumpamaan yang membaca Al Qur’an sementara dia menjaganya dengan sungguh-sungguh maka dia mendapatkan dua pahala.” (Shahih Bukhari, Nomor 497)

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Orang yang paling baik di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.” (Shahih Bukhari, Nomor 4639)

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (Shahih Al Jami’, Nomor 3289)

Visi

Membangun kawasan Qur’ani untuk mencetak Generasi Rabbani

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan berlandaskan nilai-nilai Qur’ani.
  2. Menghasilkan lulusan yang hafidz Qur’an, berkarakter Taqwa dan berdaya guna.
  3. Mengembangkan lingkungan pendidikan Qur’ani yang kondusif dan representatif bernuansa alami serta mengakar dalam sistem sosial budaya masyarakat.
  4. Membentuk manusia yang Haamilil Qur’an Lafdzan, Ma’nan wa ’Amalan (Manusia yang menguasai Al Qur’an secara lafadz, makna dan pengamalannya).
  5. Membentuk insan kamil yang mampu mengenal Alloh SWT (Ma’rifatullah)
  6. Membangun kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an, sebagai dasar pengetahuan literatur agama Islam, sehingga para santri mampu mendalami/memahami dan mengamalkan ajaran Islam dari sumber primernya.
  7. Membentuk kader-kader yang tulus ikhlas dan menguasai bidang Ilmu Al Qur’an.
  8. Menyiapkan dan membentuk para santri guna memiliki kepribadian seorang muslim yang baik (Akhlaqul Karimah) dan menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia karena diharapkan siswa Kampoeng Qur’an ini mampu menjadi pewaris para Nabi (Ulama).
  9. Membangun kemampuan santri agar memiliki ilmu pengetahuan agama dan umum yang dalam serta kecakapan hidup yang memadai, agar mereka mampu menjadi khalifah di muka bumi, mengamalkan dan menyebarluaskan ajaran Al Qur’an, serta mengupayakan kemaslahatan umat Islam khususnya, dan umat manusia pada umumnya.
  10. Membentuk keilmuan mereka dalam bahasa Arab, Inggris dan penguasaan berbagai disiplin ilmu serta membekali mereka dengan keterampilan berwirausaha agar mampu hidup mandiri dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Hiasi Hidup Dengan Al-Qur’an